Wednesday, July 11, 2007

Instalasi Oracle 9i_release 2

Seperti biasanya menjelang akhir semester, kami selalu diberi tugas akhir / tugas besar yang mewakili satu/lebih mata kuliah tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam pengetahuan dan kemampuan kami dalam mengaplikasikan ilmu yang telah kami peroleh.

Topik tugas akhir kali ini adalah membuat suatu aplikasi berbasis web, berupa sistim informasi perusahaan atau studi kasus sendiri dengan menggunakan JSP dan aplikasi database Oracle 9i release 2.

Setelah kelompok dibagi, maka kelompok saya pun mulai bekerja. Setelah menyiapkan beberapa persiapan mengenai tugas akhir berupa user requirements, network design, dan tools yang akan digunakan nantinya, maka kami mulai dengan menginstal Oracle 9i release 2 terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mempermudah kami dalam coding dan design dengan langsung menggunakan Oracle yang akan di install di komputer saya.

Tapi,,apa yang terjadi?? Oracle 9i tersebut tidak mau diinstal di komputer saya. Ketika file setup.exe dijalankan muncul pesan main class not found !. Padahal di komputer lain tidak ada masalah. Ketika kami tanya ke salah satu dosen kami, mereka menjawab, mungkin ada bentrok dengan php atau firewall di komputer.
Maka saya pun segera meng-uninstall php dan mematikan firewall yang ada. Tetapi ternyata juga tidak bisa. Teman saya menyarankan untuk meng-install ulang komputer saya. Hmmm...coba deh....

Setelah saya install ulang, saya langsung mencoba meng-instalasi Oracle tersebut, dan ternyata juga muncul error yang sama. Padahal saya belum menginstall aplikasi apapun.

Mengapa ya koq bisa seperti itu. Padahal spesifikasi komputer saya sudah memadai dan mempunyai space harddisk yang cukup.

Bagi pembaca yang tahu mengenai hal ini, di-share dong mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya.

Terimakasih

0 komentar: