Friday, October 5, 2007

Mengenal Artificial Intelligence ( AI )

Beberapa definisi pengenai AI (Artificial Intelligence) :

• “Is group of related technologies used in an attempt to develop machines to emulate human-like qualities, such as learning, reasoning, communicating, seeing, and hearing”.
• “Is the capability of computers to simulate the functions of the human brain” [computer & information system]

Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin/komputer dapat melakukan pekerjaan seperti laykanya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Teknologi Komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Semakin banyak pengalaman dan pengetahuan manusia semakin cepat pula masalah itu dapat diselesaikan. Demikian juga tekno- logi komputer akan dapat menyelesaikan masalah jika memiliki pengetahuan dan pengalaman
seperti yang dimiliki oleh manusia. Artificial Intelligence merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan teknologi informasi yang sekarang ini berkembang.

Terdapat dua bagian yang penting pada A.I untuk dapat belajar seperti layaknya manusia, yaitu:

• Knowledge base (Basis pengetahuan)
Basis pengetahuan yang berisi data; fakta-fakta, teori atau aturan- aturan yang diberikan dalam bentuk data (perangkat lunak) knowledge ini yang akan tersimpan terus, semakin banyak knowledge yang dimiliki semakin pintar komputer berpikir.

• Inference engine (Mesin inferensi)
Mesin inferensi adaah yang merangkai basis data untuk menjadi suatu kesimpulan, mesin inferensi ini yang akan mengambil basis pengetahuan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan kepada komputer, data yang diambil dari basis pengetahuan ambil berdasarkan masalah yang dihadapi dan berbeda untuk setiap masalah yang dihadapinya, jika tidak menemukan data yang diinginkan komputer akan menyimpan masalah kedalam data.

A.I tidak hanya dominan dibidang ilmu komputer saja, tetapi juga bidang ilmu yang lain Misal Sistem Informasi Manajemen dan Sistem penunjang keputusan maupun yang lainnya seperti industri.

Tujuan A.I :

    1. Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
    2. Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja

Pemrograman AI :

  • Bila terjadi perubahan dalam program, maka tidak mengganggu seluruh “Facts” yang tersimpan dalam “Otak” (layaknya pikiran manusia/seperti informasi yang terdapat pada pikiran manusia)
  • Independen
  • Dapat Dimodifikasi tanpa mempengaruhi struktur kesluruhan program
  • Fleksibel à efisien dan mudah untuk dimengerti

Penyelesaian Masalah berdasarkan teknik AI

Empat hal untuk membangun sistem atau memecahkan masalah tertentu :

  1. Definisikan masalah dengan jelas
  2. Analisis masalah
  3. Kumpulkan dan representasikan knowledge
  4. Pilih teknik pemecah masalah terbaik dan gunakan untuk masalah tertentu
Mendefinisikan Masalah sebagai “State Space Search” (SSS)
Misalnya permainan catur , maka SSS nya adalah :
Menspesifikasikan posisi awal dari papan catur
Peraturan (rules) yang mendefinisikan langkah-langkah yang legal
Posisi papan yang merepresentasikan pemenang dari satu sisi atau sisi lainnya.
Tujuan (Goal) dari permainan adalah : memenangkan permainan.

[#3]

0 komentar: