Sunday, September 30, 2007

Jepang Siapkan Pengganti Internet

TEMPO Interaktif, Tokyo:

Sebuah kelompok penelitian akan dibentuk pada bulan November di Jepang. Mereka akan menciptakan teknologi optik pengganti Internet protokol selaku standar komunikasi global.

Sebuah laporan di harian bisnis Nikkei pada Minggu lalu menyebutkan, kelompok itu dibentuk atas kerjasama antara pemerintah Jepang, Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, serta perusahaan swasta.

Jaringan model baru itu ditargetkan akan selesai dan dikomersialisasi pada 2015. Jaringan itu akan sanggup mentransfer data 10 gigabita per detik, 10 kali lebih cepat dari jaringan internet generasi terbaru yang akan diluncurkan di Jepang tahun ini juga.

Kelompok itu diikuti perusahaan seperti Nippon Telegraph dan Telephone Corp., Fujitsu Ltd., KDDI Corp., Hitachi Ltd., Toshiba Corp. dan NEC Corp. Biaya proyek diperkirakan akan menelan 30 juta yen selama lima tahun.

Proyek yang serupa juga sudah digelar di Amerika Serikat dan Eropa.

Jaringan optik itu akan sanggup diakses 100 miliar alat secara stimultan dan transfer data pada kecepatan yang ekstrim pun masih bisa dinikmati penggunanya. Fitur-fitur semacam ini telah menjadi kebutuhan penting pada masa mendatang seiring meluasnya penggunaan jaringan online, tak hanya untuk komputer pribadi, telepon seluler, tapi juga kamera pengawas, sensor medis, dan peralatan elektronik lain.

Teknologi itu juga akan menawarkan sambungan yang stabil, berkecepatan tinggi, bahkan saat diakses di atas kereta api super cepat sekalipun.

0 komentar: